Rabu, 11 November 2015

Kemampuan Representasi Matematis





KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DALAM MATERI PROGRAM LINIER

 
ABSTRAK
Representasi matematis merupakan salah satu dari proses matematis, representasi juga merupakan salah satu kunci keterampilan komunikasi matematis yang harus ditingkatkan. Secara tidak langsung, hal ini mengindikasikan bahwa proses pembelajaran yang menekankan pada kemampuan representasi akan melatih siswa dalam komunikasi matematis. Dalam makalah ini dikaji mengenai Representasi Matematis yang meliputi pengertian, indikator-indikator, dan bagaimana cara penyelesaian masalah dengan Representasi Matematis.
Kata kunci : Kemampuan Representasi Matematis, Keterampilan Komunikasi
Matematis








PENDAHULUAN
Kemampuan matematis adalah kemampuan untuk menghadapi permasalahan baik dalam matematika maupun kehidupan nyata. Berdasarkan tujuan pembelajaran matematika di Indonesia tersirat bahwa kemampuan matematis meliputi: 1. Kemampuan pemecahan masalah (problem solving), 2. Kemampuan berargumentasi (reasonning), 3. Kemampuan berkomunikasi (communication), 4. Kemampuan membuat koneksi (connection), 5. Kemampuan representasi (representation).
Kemampuan representasi sangat berhubungan dengan pemecahan masalah. Montague mengatakan bahwa pada dasarnya pemecahan masalah mempunyai dua langkah, yaitu representasi masalah dan menyelesaikan masalah. Pemecahan masalah yang sukses tidak mungkin tanpa representasi masalah yang sesuai. Representasi masalah yang sesuai adalah dasar untuk memahami masalah dan membuat suatu rencana untuk memecahkan masalah. Siswa yang mempunyai kesulitan dalam merepresentasikan masalah matematika akan memiliki kesulitan dalam melakukan pemecahan masalah.
Dengan demikian seiring dengan pentingnya kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika, maka kemampuan representasi matematik sebagai bagian yang tak terpisahkan dari pemecahan masalah juga berperan dalam pembelajaran matematika .
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu :         
Bagaimana mengembangkan masalah dalam program linier menjadi soal yang valid?
Dengan tujuan sebagai berikut :
          Meningkatkan pemahaman representasi matematis dalam soal program linier yang valid.


PEMBAHASAN
A. Pengertian Kemampuan Representasi Matematis 
     Menurut NCTM (dalam Teacher Professional Development and Classroom Resaurces Across the Curriculum), representasi membantu menggambarkan, menjelaskan, atau memperluas ide matematika dengan berfokus pada fitur-fitur pentingnya. Representasi meliputi simbol, persamaan, kata-kata, gambar, table, grafik, objek manipulatif, dan tindakan serta mental cara internal berpikir tentang ide matematika. Representasi adalah alat berpikir yang kuat, namun bagi banyak siswa, kekuatan ini tidak dapat diakses kecuali mereka menerima bimbingan terarah dalam mengembangkan repertoar mereka.
Semakin banyak terlibat belajar matematika, siswa dapat memperluas pemahaman ide matematika atau hubungan dengan berpindah dari satu jenis representasi ke representasi yang berbeda dari hubungan yang sama. Ini adalah salah satu alasan bahwa penting bagi siswa untuk menggunakan berbagai bahan manipulatif, yang selanjutnya berkaitan dengan metode untuk memecahkan masalah.
Terdapat beberapa definisi yang dikemukakan para ahli berkenaan tentang representasi yaitu:
1.      Representasi merupakan cara yang digunakan seseorang untuk mengkomunikasikan jawaban atau gagasan matematik yang bersangkutan (Cai, Lane, & Jacabcsin dalam Fadillah).
2.      Representasi didefinisikan sebagai aktivitas atau hubungan dimana satu hal mewakili hal lain sampai pada suatu level tertentu untuk tujuan tertentu dan yang kedua oleh subjek atau interpretasi pikiran. Representasi menggantikan atau mengenai penggantian suatu obyek, penginterpretasian pikiran tentang pengetahuan yang diperoleh dari suatu obyek, yang diperoleh dari pengalaman tentang tanda representasi (Parmentier dalam Fadillah).
3.      Representasi merupakan proses pengembangan mental yang sudah dimiliki seseorang, yang terungkap dan divisualisasikan dalam berbagai model matematika, yakni: verbal, gambar, benda konkret, tabel, model-model manipulatif atau kombinasi dari semuanya (Steffe, Weigel, Schultz, Waters, Joijner, & Reijs dalam Syarifa Fadillah).
4.      Dalam psikologi umum, representasi berarti proses membuat model konkret dalam dunia nyata ke dalam konsep abstrak atau simbol. Dalam psikologi matematika, representasi bermakna deskripsi hubungan antara objek dengan simbol (Hwang, Chen, Dung, & Yang dalam Fadillah).

Dari beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa representasi adalah ungkapan-ungkapan dari ide matematika yang ditampilkan siswa sebagai model atau bentuk pengganti dari suatu situasi masalah yang digunakan untuk menemukan solusi dari masalah yang sedang dihadapinya sebagai hasil dari interpretasi pikirannya. Suatu masalah dapat direpresentasikan melalui gambar, kata-kata (verbal), tabel, benda konkrit, atau simbol matematika.
                                   
B. Indikator Kemampuan Representasi Matematis                                                       
            Dalam meningkatkan kempuan representasi matematis yang akan melatih siswa dalam berkomunikasi matematis maka kami menilai bahwa perlu diadakannya suatu penelitian terhadap kempuan representasi matematis. Ada beberapa indikator mengenail representasi matematis namun kami memilih indikator yang dikemukakan pada (Mudzakir, 2006) kami menilai bahwa indikator yang dikemukan sudah sangat baik dan sesuai dengan konsep yang kami usung dengan tujuan untuk meningkatkan kempuan representasi matematis. Adapun idkator yang menunjukan kemampuan representasi matmatis (Mudzakir, 2006) yakni :
1.       Menyajikan kembali data atau informasi dari suatu representasi ke representasi diagram, grafik, atau tabel.
2.       Membuat persamaan atau model matematis dari representasi lain yang diberikan.
3.       Membuat suatu representasi ke representasi diagram, grafik, atau table untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaiannya.
C. Cara Penyelesaian Masalah Dengan Kemampuan Representasi Matematis             
Vergnaud (dalam Syarifah Fadillah) menyatakan representasi merupakan unsur yang penting dalam teori belajar mengajar matematika, tidak hanya karena pemakaian sistem simbol yang juga penting dalam matematik dan kaya akan kalimat dan kata, beragam dan universal, tetapi juga untuk dua alasan penting yakni:
1.      matematika mempunyai peranan penting dalam mengkonseptualisasi dunia nyata
2.      matematika membuat homomorphis yang luas yang merupakan penurunan dari struktur hal-hal lain yang pokok.
Penjelasan kedua alasan di atas yakni matematika merupakan hal yang abstrak, maka untuk mempermudah dan memperjelas dalam penyelesaian masalah matematika, representasi sangat berperan, yaitu untuk mengubah ide abstrak menjadi konsep yang nyata, misalkan dengan gambar, simbol, kata-kata, grafik dan lain-lain.
Selain itu matematika memberikan gambaran yang luas dalam hal analogi konsep dari berbagai topik yang ada. Dengan demikian diharapkan bahwa bilamana siswa memiliki akses ke representasi-representasi dan gagasan-gagasan yang mereka tampilkan, maka mereka memiliki sekumpulan alat yang secara signifikan siap memperluas kapasitas mereka dalam berpikir secara matematis (NCTM, 2000).


PENUTUP
A. Simpulan
Representasi adalah ungkapan-ungkapan dari ide matematika yang ditampilkan siswa sebagai model atau bentuk pengganti dari suatu situasi masalah yang digunakan untuk menemukan solusi dari masalah yang sedang dihadapinya sebagai hasil dari interpretasi pikirannya. Suatu masalah dapat direpresentasikan melalui gambar, kata-kata (verbal), tabel, benda konkrit, atau simbol matematika. Hiebert dan Carpenter mengemukakan bahwa pada dasarnya representasi dapat dinyatakan sebagai representasi internal dan representasi eksternal.
Representasi sangat berperan, yaitu untuk mengubah ide abstrak menjadi konsep yang nyata, misalkan dengan gambar, simbol, kata-kata, grafik dan lain-lain.

B. Saran
Sebagai  seorang calon guru sangatlah penting untuk mengetahui kemampuan representasi matematika. semoga dengan pembuatan makalah ini dapat menambah wawasan serta membantu pembaca. Kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan atau kekurangan dalam pembuatan makalah ini.







DAFTAR PUSTAKA
Thsumatri. Kemampuan Siswa Representasi Matematis (online). Tersedia pada : http://thsumantri.blogspot.co.id/2014/05/kemampuan-siswa-representasi-matematis.html. Diakses pada tanggal : 29 September 2015
Trisniawati. Makalah Representasi Matematis (online). Tersedia pada : http://trisniawati87.blogspot.co.id/2013/01/makalah-representasi-matematis.html. Diakses pada tanggal : 29 September 2015
Fatimah, Silvia. Makalah Evaluasi Pembelajaran (online). Tersedia pada : http://silviafatimah29.blogspot.co.id/2015/01/makalah-evaluasi-pembelajaran_94.html. Diakses pada tanggal : 29 September 2015
Thsumantri. Kempuan Siswa Indikator Representasi (online). Tersedia pada : http://thsumantri.blogspot.co.id/2014/05/kemampuan-siswa-indikator-representasi.html. Diakses pada tanggal : 12 Oktober 2015






Tidak ada komentar:

Posting Komentar